Search

Google

Thursday, March 01, 2007

Cryptography

Bermula dari Julius Caesar yang tidak percaya kepada kurirnya, yang kemudian menyandikan pesan yang akan dikirimkan dengan cara menggeser tiga huruf ke depan dari setiap huruf dalam pesannya, misalnya jika dalam pesan terdapat kata "KAPAL" disandikan dan ditulis sebagai "NDSDO" dimana "N" adalah huruf ketiga setelah "K", "D" huruf ketiga setelah "A" dan seterusnya.

Kemudian berkembanglah berbagai teknik kriptografi hingga saat ini, mulai dari yang gampang ditebak seperti Caesar cipher di atas yang hanya memiliki 25 kemungkinan, hingga teknik enkripsi dengan kunci ratusan bit, yang membutuhkan waktu hingga puluhan tahun jika coba di dekode tanpa kunci yang resmi dengan menggunakan komputer tercepat.

Bagi saya, kriptografi adalah ilmu baru, yang baru mulai saya kenali lebih serius di semester pertama program S2 saya. Kata beberapa teman, kriptografi itu bicara matematika, ini membuat saya sedikit cemas, mengingat pengalaman saya bersama matematika yang kurang harmonis sejak SMA dan kuliah S1.

Tapi di awal-awal semester ini, saya melihat kriptografi sangat menarik, bisa jadi karena penyampaian oleh dosen saya yang membuat kriptografi tidak seseram cerita teman-teman, atau mungkin ini baru sebuah pemanasan sebelum melihat wajah asli 'makhluk' bernama kriptografi ini. Semoga saja ketertarikan saya diawal kuliah bisa jadi modal dan spirit untuk terus mempelajari, seseram apapun wujud aslinya nanti :)

Saat mempelajari kriptografi, saya jadi ingat dengan masa-masa saya aktif di Pramuka waktu SMA dulu, juga teringat bacaan saya semasa di SMP, seperti cerita-cerita pemecahan misteri dalam petualangan Lima Sekawan karya Enid Blyton atau Trio Detektif karya Alferd Hitchcock. Saya juga masih ingat cerita yang saya baca ketika masih duduk di bangku SD, dari album Cerita dari Lima Benua berjudul Perjalanan ke Pusat Bumi, dimana ceritanya bermula dari penemuan sebuah surat rahasia yang ternyata disandikan dengan cara ditulis dari kanan ke kiri dan dari bawah ke atas.

Dari pengalaman membaca cerita-cerita tersebut, dan dengan informasi pengantar matakuliah, saya merasa cukup dekat dengan kriptografi, walaupun saya baru mengenalnya kurang dari satu bulan ini. Rasa 'sok dekat' ini mungkin yang membuat saya merasa exciting dalam mempelajari.

Bawaan dari semangat ini, saya mencoba menulis program untuk mensimulasikan proses enkripsi dan dekripsi dari setiap kriptosistem yang baru saja dikenalkan dalam kuliah, hasilnya saya berhasil sudah membuat program simulasi enkripsi-dekripsi dari Caesar cipher, Monoalphabetic cipher, Polyalphabetic cipher, dan Vigenere cipher. Saat blog ini saya tulis, saya sedang mencoba menyelesaikan simulasi untuk Fairplay cipher.

Tujuan utama saya membuat program ini adalah untuk bisa lebih memahami algoritma enkripsi-dekripsi, dan menjaga spirit saya dalam mempelajari kriptografi, sehingga saya lebih siap jika nanti ternyata makin kebelakang kriptografi ternyata memang makin menakutkan (semoga tidak).

Program saya tulis dalam Visual BASIC dari Visual Studio Express free-edition, sehingga tidak bisa di distribusi dalam bentuk executable file. Tapi bukan masalah, karena saya memang berniat membagi source program ini kepada siapa saja yang baru mempelajari kriptografi dan pemrograman seperti saya, siapa tahu bisa jadi bahan untuk bertukar pikiran dan tukar pengalaman.

Karena fokusnya lebih ke mekanisme enkripsi-dekripsi, sehingga mungkin dari segi algoritma dan penulisan program, jauh dari efisien dan masih terdapat banyak bug, tetapi tujuan utama untuk simulasi enkripsi dan dekripsi berjalan seperti yang saya pelajari.

Jika ada yang berminat untuk belajar bersama dengan memanfaatkan program ini, bisa men-download-nya dari website: http://www.4shared.com/dir/2122795/34f02aa7/kriptografi.html
Nama filenya cryptosistem.zip (98KB saja)

1 comment:

Acid said...

Saya juga tertarik untuk mempelajari leih lanjut mengenai kriptografi.

Ternyata, ada juga yang membuat simulasi programnya....saya juga membuatnya...baru algoritma Vigenere, Caesar, RC4, ADVGHX dll...

bisa dilihat juga di blog saya di sini...

main - main juga ke koran kampus saya yach...siapa tau ada yang menarik.. ;)