Search

Google

Saturday, December 29, 2007

Rent Your Soul

Judul yang aneh..??

Ya betul.., aneh.., itu juga yang muncul di pikiran saya waktu baca informasi dari detikINET.com tentang situs sebuah yang aneh, bahkan dikatakan tidak masuk akal: rentyoursoul.com, situs yang melayani penyewaan jiwa..



Menyewakan jiwa...?? Lalu selama disewakan, kita pakai apa..??!
ha ha ha ha... :)

Iseng-iseng, saya coba mengunjungi situs tersebut, ternyata sama sekali tidak ada hubungannya dengan urusan pinjam-meminjam atau kehilangan jiwa dalam arti sebenarnya.

Pierre Ayotte, pengelola situs ini, ternyata hanya meminjam wajah (dalam bentuk foto diri sambil memegang secarik kertas bertuliskan "My Soul") untuk dipajang di halaman depan situsnya sebagai donatur.

Lho.., koq..?? donatur..??

Iya.., sebagai donatur.. Wajah-wajah yang dipajang di halaman depan selama seminggu (katanya..!, tapi fotoku sempat mejeng dua minggu, melampaui masa penyewaan, he he he..) adalah para donatur, bukan donatur untuk RentYourSoul, tetapi donatur untuk yayasan yang dipilih sendiri oleh si pemilik wajah, karena Pierre menjanjikan untuk mengirimkan sumbangan senilai $10 kepada yayasan atau badan amal yang ditunjuk si pemilik wajah.

Dan sebagai imbalan atau uang sewa atas jiwa.. eh.. wajah, Pierre juga menjanjikan $10 untuk si pemilik wajah.

Entah kenapa saya tertarik untuk mencoba mendaftarkan diri, kalau di pikir sih.. nothing to lose, cukup hanya dengan mendaftar, menunjuk yayasan yang akan di sumbang, dan upload foto. Yayasan yang saya tunjuk adalah Yayasan Peduli (iseng juga milihnya, hasil searching dari Google).

Seminggu kemudian, saya dapat email dari Pierre yang mengatakan bahwa foto saya terpilih sebagai salah satu dari 20 donatur dan akan dipajang selama seminggu di halaman depan RentYourSoul



Saya kemudian jadi bertanya-tanya, apa iya si Pierre akan mengirimkan $10 ke yayasan peduli dan $10 ke saya?

Tadi pagi (Jumat, 28/12/2007) istriku kirim sms dari Makassar, bahwa ada amplop kiriman dari luar negeri berisi satu lembar uang $10, terbungkus dalam lipatan kertas dan selembar kertas dengan tulisan "Thank's -pin"

Tapi saya belum tau, apakah pihak yayasan peduli juga sudah menerima $10-nya



Hmmm.., cara yang unik untuk menyumbang

Dalam banyak komentar di buku-tamunya atau media-linknya, ada yang menulis kalau ini bisa jadi satu bentuk bisnis baru di Internet.

Perkiraan saya, pemilik situs harus berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin pembaca dan peserta (orang yang menyewakan 'jiwa'), semakin banyak kepercayaan peserta akan mengundang semakin banyak pemasang iklan. Dana dari iklan ini kemudian, mungkin dengan perhitungan tertentu, akan digunakan untuk menyumbang ke yayasan yang ditunjuk dan membayar 'biaya sewa' atas 'jiwa' peserta.




Eh.., tulisan ini koq jadi kayak iklan yaa..?? padahal saya cuma mau cerita pengalaman dapat uang beneran dari Internet.
Ah sudahlah..., terserah yang baca saja. He he he ... :)

1 comment:

Sofyan Thayf said...

Senang rasanya melihat kalau ternyata tulisan kecil saya bisa menjadi Inspiring Words of the Year, paling tidak di RentYourSoul
http://www.rentyoursoul.com/en/blog.htm#blog_2007_12_08